Monday, May 10, 2010

seperti HACKER..? Baca dulu neh..

klo lu mau jadi seperti hacker, elu mesti baca dlu ini ya moga moga bisa ngerubah cara pikir lu.. n' bisa membuat lu tertarik pada hacker n' mau usaha buat jadi hacker sejati di bidang lu...

APA ITU HACKER..?
hampir semua definisi tentang hacker adalah sesuatu yang berkaitan dengan kemahiran teknis serta kegemaran menyelesaikan masalah dan mengatasi keterbatasan dalam dunia elektronik..

namun ada sebuah komunitas yg terdiri dari para programer mahir dan ahli jaringan, yg aktif pada zaman eksperimen awal ARPANET (behh, mantap).. orang orang yg mendirikan komunitas ini menyebut atau mengistilahkan dirinya "HACKER".. mereka atau hackerlah yang membangun internet, dan hackerlah yang membuat sistem operasi Unix menjadi seperti sekarang, hacker juga yang mengoperasikan Usenet.. dan hacker yang membuat World Wide Web berjalan..
Jadi jika elu telah menyumbangkan sesuatu pada dunia yg sama dengan komunitas ini, dan dunia telah mengetahuinya dan mengenal elu sebagai seorang hacker, maka seorang hackerlah elu..

Asal elu tau cara pikir hacker gak terbatas pada budaya software aja.. Ada orang yang menerapkan sikap hacker pada banyak bidang lain, elektronik atau musik.. tapi hacker selalu berpikir untuk bisa lebih diatas dari yg teratas dibidang yg sedang ia tekuni..

Ada juga sekelompok lain yang menyebut-nyebut diri hacker, padahal bukan. Mereka-mereka ini (terutama terdiri dari remaja pria, ihh jgn jgn gua? haha) mendapat kepuasan lewat membobol komputer dan mengakali telepon (phreaking), mengacak acak suatu ID account seseorang..
Hacker sejati dan dunia menyebut orang-orang ini "cracker" (kaya nama kue ya?).. Hacker sejati memandang cracker sebagai orang malas, tidak bertanggung jawab, dan tidak terlalu cerdas. Hacker sejati tidak setuju jika dikatakan bahwa dengan menerobos keamanan seseorang telah menjadi hacker..
Sayangnya, wartawan dan penulis sering salah kaprah dan menggunakan kata "hacker" untuk melukiskan cracker,, sesuatu yang selalu membuat kesal para hacker sejati.. hahahaa

Perbedaan mendasar antara hacker dan cracker adalah hacker membangun dan cracker membongkar (yang ini perlu diingat ya...)

SIKAP HACKER..
hacker menyelesaikan masalah dan membangun sesuatu, dan hacker percaya pada kebebasan dan kerjasama sukarela.. tapi klo elu ngelakuin atau menumbuhkan sikap ini hanya supaya dapat elu diterima di lingkungan hacker, salah besar lu... elu mesti ngeyakinin sikap ini supaya elu lebih bnyak belajar n' lebih termotivasi lagi buat berinovasi di dunia software elektronika..
caranya bnyak..
1. membuat masalah itu menarik supaya tertarik untuk dipecahkan..
2. membagi cara penyelesaian masalah pada dunia supaya masalah yg sama tidak dipecahkan 2 kali
3. jgan pernah bosan
4. bebas.. dalam menjalani sesuatu harus bebas gk boleh terikat pda sesuatu
5. bertindak sekarang. berpikir saja tidak ada artinya tanpa perbuatan

JADI JGN PANDANG HACKER SBG PENJAHAT YG MENGHANCURKAN, TAPI HACKER ITU SAMA SESEORANG ILMUWAN DIBIDANG ELEKTRONIKA YG SUDAH DIPANDANG OLEH DUNIA.. JADI, AYO SKRANG BERLOMBA LOMBALAH UNTUK MENJADI HACKER DIBIDANG MU MASING MASING..

0 comments: